Lamongan Shorebase yang Panas

Lamongan Shorebase yang Panas

Lamongan Shorebase yang Panas

Advertisements

Kantor yang sepi

www.iluvislam.com
http://www.iluvislam.com

Kantor yang sepi,
Hanya kami yang masuk kerja karena tuntutan operasi

Kantor yang sepi,
Hanya Televisi dan internet yang menemani

Kantor yang sepi,
Karena hari ini adalah Idhul Fitri

Kantor yang sepi,
Kue dan makanan di messhall serta rendang daging sapi

Kantor yang sepi,
Membuat kami ngantuk dan terbuai dalam mimpi

Kantor yang sepi,
membuat kita harus berfikir dan selalu berkreasi

 

Salam lebaran kawans..

Idhul Fitri, 1434H. Gresik East Java(Orf)

 

 

KUNCI ZUHUD HASAN AL-BASHRI

Zuhud

KUNCI ZUHUD HASAN AL-BASHRI

AKU TAHU,
REZEKIKU TAK MUNGKIN DIAMBIL ORANG LAIN,
KARENANYA HATIKU TENANG.

AKU TAHU,
AMAL-AMALKU TAK MUNGKIN DILAKUKAN ORANG LAIN,
MAKA AKU SIBUKKAN DIRIKU UNTUK BERAMAL.

AKU TAHU,
ALLAH SELALU MELIHATKU,
KARENANYA AKU MALU BILA ALLAH MENDAPATIKU MELAKUKAN MAKSIAT.

AKU TAHU,
KEMATIAN MENANTIKU,
KARENANYA KUPERSIAPKAN BEKAL UNTUK BERJUMPA DENGAN RABBKU.

(Hasan Al-Bashri)

 

“Zuhud adalah memiliki dunia lalu meninggalkanya dengan sengaja. Miskin adalah tidak pernah memiliki dan ditinggalkan oleh dunia.”

Saya setuju. Zuhud adalah konsep yang sangat menarik. Bagi saya zuhud sama seperti memaafkan dan pertobatan, ketiganya adalah konsep para pemenang. Bagi mereka yang miskin, pendendam dan pecandu, maka kekurangan harta, musuh dan candu adalah tali pengikat yang tidak pernah bisa lepas, dan akan selalu mengiringi, melekat pada diri mereka setiap saat setiap waktu. Sedang hati dan jiwa mereka tidak menginginkan dan terbebani dengan itu.

Kemiskinan, dendam dan candu (maksiat) justru membuat manusia menjadi budak mereka, menghantui, menentukan gerak langkah hingga memakan jiwa dan raga. Simptomanya: keluh kesah, kegelisahan, kemarahan, hingga keputus asaan. Semuanya diawali dan dikemudikan oleh nafsu.

Zuhud, dilain fihak, bersama dengan maaf dan pertobatan adalah konsep para penakluk. Pemenang yang baik dimana2 selalu sama: mereka membebaskan. Ketika pergulatan dengan harta telah dimenangi, ketika kebutuhan diri telah tercukupi, maka para pemenang memilih untuk melepaskan, para penakluk memilih untuk membebaskan. Ia membebaskan hartanya dari dirinya dan dirinya dari hartanya. Pemaaf membebaskan dendam dari dirinya dan dirinya dari dendam. Orang yang bertobat membebaskan dirinya dari dosa dan dosa dari dirinya. Mereka menjadi manusia merdeka (kembali).

Manusia merdeka adalah sebaik2nya manusia, terutama kemerdekaan dari distraksi dunia. Manusia zuhud mampu memaafkan dan mampu bertobat, sehingga mampu memerdekakan dirinya dari segala keinginan dan pengidaman akan apa yang ia lihat, dengar dan rasakan di dunia ini.

Pada akhirnya, seluruh carut marut pengidaman dan keinginan ini, yang tadinya tercerai berai centang perenang dengan tujuan masing2 (harta, tahta, syahwat, maksiat, tak terhingga banyaknya), menjadi kehilangan tujuan. Mereka akan berkumpul didalam hati, menyatu, membesar, memusat, dan mengarah pada satu tujuan jiwa yang tak terhindarkan: mengidamkan Allah, menginginkan Allah, mendamba kembali menjadi budak dan hamba Allah.

Sama seperti ketika ruhnya diciptakan pertama kali oleh Allah di Arsy-Nya. Sama seperti ketika saat itu ruhnya berjanji untuk selalu menghamba dan tunduk kepada Allah, dan hanya Allah sahaja.

Link : http://justiseng.wordpress.com/2012/11/04/short-note-zuhud/

 

Gresik, Orf 2013

 

 

 

Menahan(diri) makan

Gambar dari Google
Gambar dari Google

Sebagaimana layaknya manusia atau yang disebut sifat manusiawi, banyak manusia dihari lebaran ini termasuk saya. Karena banyak makanan terhidang jadi lupa akan bahaya banyak makanan yang dikonsumsi. Karena terbiasa berpuasa sebulan, karena hari Lebaran ini adalah “Hari Makan” karena memang haram hukumnya jika melakukan Shoum yang terlintas adalah melahap semua yang ada didepan mata.
Hari ini karena ada jadwal masuk kerja, biarpun lebaran karena jadwal masuk ya masuk aja (No compromise, he..)sesampainya di ORF(sebutan kantorku yang ada do Gresik) langsung salam-salaman kepada rekan yang masuk kerja(senasib ceritanya.. J ) setelah komplit ngider di area kantor maka yang dituju adalah makan di Messhall(kantin kantor) karena lapar mata jadi semua makanan yang terhidang dicobain.
Rendang, ketupat sayur opor daging..hadeuh semua terasa enak(namanya juga lapar mata, he..) alahmdulillah pikirku karena istri dirumah juga nggak bikin ketupat karena Budaya di Gresik dan jawa timur pada umumnya ketupat hanya dibikin ketika lebaran ketupat(seminggu sesudah lebaran). Sesudah makan selesai apa yang dirasa? Keknya gak enak banget perut..karena biasa puasa terus makan ingat lautan alias lupa daratan. Alhamdulillah sampai sore ini baru sadar ternyata makan harus di rem dan nggak boleh ngebut
Oya insyaalloh dan semoga bisa puasa syawal genap 6 hari seperti tahun lalu

Salam lebaran kawans..

Gresik, Orf . Agustus 2013

Ied Mubarok 1434H

 Image

Semenjak sore tadi aku memang bingung, mungkin seperti Muslim kebanyakan di Negeri ini yang setiap menjelang Ramadhan dan menjelang Idhul Fitri, jadi karena sebagai Ummat yang taat sama Ulil Amri(pemerintah) yah kita taat saja.
TV 14” yang sudah menemaniku selama 6 tahun ini masih menyiarkan siaran langsung sidang Isbath yang disiarkan langsung Dari kementerian agama dan disiarkan langsung oleh beberapa TV di indonesia ini ke penjuru negeri. Sama seperti yang dilakukan oleh banyak orang akupun seperti tahun-tahun kemarin selalu menunggu hasil dari sidang itu sebagai rujukan dimulainya Ramadhan dan diakhirinya Ramadhan alias 1 Syawal(Idhul Fitri). Saya yakin sidang isbath itu karena para astronom yang melakukan penglihatan Hilal (standart Menteri agama minimal 2 derajat, kurang dari itu nggak bia ditolerir) sudah disumpah oleh Pengadilan Agama.
sudah 30 menit tapi hasil sidang belum juga diumumkan dan masih ada beberapa ahli agama yang mengajukan pandangan ke Menteri Agama (Bp. Suryadarma Ali) akhrinya adzan Isya berkumandang dan kuputuskan Isya dulu di Musholla di Komplek kami dengan harapan sesudah Isya Isbath sudah diumumkan sehingga kita bisa menentukan Keliling Takbir atau stay dirumah untuk tarawih hari terakhir
setelah isya aku balik kerumah dan ternyata benar, hasil isbath mengumumkan kalau besok hari Kamis 08 Agustus 2013 adalah Idhul Fitri
Dari situ kita bisa tarik benang merah, sebagai Rakyat kecil sebenarnya agak bingung dengan metode HISAB(menghitung bilangan bulan) dan RUKYAT(melihal Hilal/Bulan) yang mana metode Hisab cenderung Fix dan metode hilal cenderung berubah-rubah atau dinamis. Harusnya Sidang isbath tersebut dilakukan tertutup dan nggak disiarkan langsung seterbuka sekarang. Dan kalau sudah ada hasilnya baru diumumkan ke Khalayak ramai
Tahun ini alhamdulillah kebagian masuk jadi nggak ada tradisi mudik di keluarga kecil kita, sehabis pengumuman Isbath akhirnya kami memilih keliling kota dengan motor bersama anak-anak karena agak malas kalau bawa mobil takut macet dijalan sedangkan bawa anak-anak agak repot. Dengan muterin kota kecil yang sudah membuatku betah selama 4 tahun terakhir ini aku ngajarin anak-anakku kalau malam lebaran gini kita disunahkan melantunkan Takbir untuk menyambutnya sebagai pertanda perpisahan Ramadhan bulan yang mulia
Pagi ini seusai sholat Ied di lapangan komplek lalu berkeliling di Gang kami untuk bermaaf-maafan dan mengucapkan salam Lebaran dan agak siangan berangkat kekantor karena memang kebagian Masuk kerja

Happy Ied Mubarok to all of you

ORF, Gresik,  1434H (@2013)