Kesalahan – kesalahan Dalam Menggunakan Garam

Tahu tidak ?

Banyak diantara kita, yang walaupun setiap hari mengkonsumsi garam, namun tidak mendapatkan manfaat garam ?

Mengapa demikian?
Perlu diketahui garam bahwasanya bersifat Higroskopis. Artinya, mudah menyerap uap air, sehingga menyebabkan garam mudah lembab.

Selain itu, sesuai sifat fisikanya pula, garam mempunyai titik penguapan yang rendah, sehingga garam akan mudah menguap. Dan artinya pula, kandungan Yodium dalam garam juga akan mudah menguap. Sehingga tak ada lagi manfaatnya garam.

Lalu bagaimana mengatasinya ?, simak tips berikut :

*Tips Menjaga Agar Yodium Dalam Garam Terjaga*

1. Pilihlah garam yang dikemas dan berlabel “Garam Beryodium”, ada nomor MD atau SP, isi/berat kemasan, kandungan Yodium 30-80 ppm.

2. Pilihlah kemasan yang rapi dan tidak rusak. Jika kemasan rusak, kemungkinan besar, Yodium telah hilang.

3. Pilihlah garam yang putih dan kering, tidak lembab atau basah. Karena, jika lembab atau basah, pastinya Yodium telah hilang karena menguap.

4. Hindari memilih garam bata/briket apalagi yang tidak dikemas, kecuali telah kita Uji  pada setiap bagian (luar dan dalam) dan hasilnya Yodium sudah cukup.

5. Jangan membeli garam yodium dalam kemasan besar. Masalahnya adalah semakin besar kemasannya akan semakin besar peluang yodium menguap darinya.

Yang benar adalah belilah garam Yodium dalam kemasan kecil atau secukupnya saja. Tujuannya adalah agar jangka waktu pemakaiannya tidak terlalu lama, sehingga Yodium yang dikandungnya tidak seluruhnya menguap habis sebelum dipakai.

6. Jangan menempatkan garam yodium dalam wadah terbuka atau dalam wadah yang masih ada lubang-lubangnya.

Yang benar adalah tempatkan garam beryodium ini dalam wadah yang benar-benar tertutup. Baru dibuka ketika akan menggunakannya. Tujuannnya agar kandungan yodiumnya tidak menguap begitu saja. Ingat yodium adalah zat yang mudah menguap.

7. Hindari menaburkan garam ketika proses masak memasak makanan. Hal ini merupakan kebiasaan yang benar-benar lazim dilakukan para ummahaat. Namun ternyata salah, karena dengan menaburkan garam beryodium ketika atau selama proses memasak makanan, kita tidak akan mendapat manfaat garam. Karena kandungan yodiumnya akan langsung menguap begitu saja.

Yang benar adalah, jika menginginkan rasa asin pada makanan, gunakan dan tuangkan saja garam meja. Sehingga Yodium tidak ikut termasak. Dengan demikian Yodium dapat langsung masuk ke dalam tubuh tanpa mengalami perubahan.

8. Jauhkan penyimpanan garam dari api, supaya garam tidak meleleh, berair / basah sehingga hilanglah kandungan Yodiumnya.

Nah, mulai sekarang sebaiknya menggunakan cara yang benar dalam memperlakukan dan menggunakan garam yang beryodium ini. Jangan sampai kelihatannya mengkonsumsi garamnya tetapi ternyata tidak mendapatkan manfaat yodiumnya. Mudah-mudahan tips di atas dapat membantu ummahaat sekalian dalam memilih garam beryodium yang berkualitas baik, sebagai upaya pencegahan timbulnya berbagai penyakit/gangguan akibat garam.

* Selain Garam, Makanan Apa Yang Mengandung Yodium ? *

Perlu juga diketahui, selain garam, ada beberapa makanan yang mengandung Yodium, yaitu : tomat, kentang, wortel, dan juga berbagai makanan yang berasal dari laut seperti ikan, kepiting, udang , kerang dan sebagainya.

Sehingga kita tidak perlu terlalu khawatir.

* Lantas, Berapa Kebutuhan Kita Terhadap Yodium ? *

Kebutuhan tubuh manusia akan Yodium hanya membutuhkan sekitar 100-115 mikogram ( mcg ) Yodium perhari, sedangkan ibu hamil dan menyusui memang sedikit lebih tinggi yaitu berkisar antara 125 – 150 mcg/hari.

Semoga bermanfaat. Baarakallaahu fiikum

Sumber Facebook Page : Dokter Hana

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s